Jumat, 03 Juli 2009

Mozilla Firefox 3.5 RC3


NEW YORK - Minggu, 21 Juni 2009, Mozilla resmi merilis generasi terbaru dari browser mereka yaitu Firefox 3.5 RC2. Oleh Mozilla, layanan penjelajah ini jauh lebih cepat dan lebih maksimal dalam mengeksplor aplikasi-aplikasi yang ada.

Dari review PC World yang dikutip Washington Post, Senin (22/6/2009), menunjukkan beberapa keunggulan Firefox 3.5 RC2. Ini tentu saja menjadi langkah yang baik untuk para pengguna, sebelum akhirnya Mozilla menghadirkan Firefox 3.5 versi finalnya.

Browsing yang bersifat pribadi

Maksudnya, dalam layanan ini mode Firefox tidak akan menyimpan apapun jejak penggunaan saat menjelajah di internet seperti history, cookies, usernames ataupun password. Walaupun ini sudah jamak pada browsing lain versi terbaru, tentu ini menjadi indikasi bagus mencegah kejahatan internet yang marak terjadi.

Yang istimewa, Firefox 3.5 tidak memberitahukan kepada penggunanya saat menjalankan aplikasi tersebut. Ini berbeda dengan Incognito mode pada Google Chrome, atau InPrivate pada IE 8.

Kendati memiliki penghilang jejak history, fitur 'pribadi' ini memiliki kekurangan yaitu, tanpa menghilangkan subfoldernya. Sebagai contoh, ketika Anda akan membuka okezone.com, subfoldernya techo.okezone.com, tidak bisa dihapus jejaknya.

Memiliki Tab yang lebih maksimal

Seperti diketahui, salah satu keunggulan Firefox adalah memilki aplikasi Tab yang cepat. Nah, Tab dalam Firefox 3.5 akan bekerja secara lebih baik dan mumpuni. Terlebih Tab bisa Anda geser-geser di toolbar, dan mampu digiring pada jendela Firefox yang lain.


Perekam jejak tulisan

Di Firefox 3.5 tulisan Anda yang hilang dapat diingatkan kembali. Maksudnya, saat Anda sedang menuliskan sesuatu dan tidak sengaja meng-klik restore, maka jelas biasanya tulisan Anda akan hilang karena terhapus. Di browser ini, itu tidak akan terjadi. Pasalnya, saat Anda kembali ke halaman saat menulis komentar, tulisan Anda tidak akan hilang.

Browsing delapan kali lebih cepat

Mozilla mengatakaan kalau, Firefox 3.5 dapat berjalan delapan kali lebih cepat di JavaScript dari versi 3.0. Selain itu juga, Firefox 3.5 kompatibel dengan sebuah teknologi format web terbaru.


Fitur versi RC3 Firefox 3.5

Menurut direktur Firefox, Mike Beltzner, versi ini awalnya akan dinamai Firefox 3.1. Namun adanya cukup banyak fitur baru menyebabkan cukup alasan untuk menamainya versi 3.5.

Salah satu yang baru adalah TraceMonkey JavaScript engine, yang menawarkan peningkatan kecepatan dibandingkan versi 3.0. Menurut Mozilla, jika dibandingkan versi 3.0, Firefox 3.5 ini 2x lebih cepat, dan 10x lebih cepat dibandingkan versi 2.0. Namun benchmark memperlihatkan Firefox - dalam kinerja Javascript – masih di bawah Chrome milik Google dan Safari-nya Apple. Yang diunggulinya adalah Internet Explorer milik Microsoft.

Fitur-fitur baru lainnya adalah URL baru yang lebih responsif, memori yang tidak begitu rakus, fitur private browsing, tab-tab yang lebih baik dan restore sesi, fitur anti-malware dan anti-phishing yang telah diperbarui, plus dukungan profil warna yang lebih baik agar imaji bisa tampil lebih tajam dan jernih. Selain itu tentu ada lebih banyak add-on – lebih dari 6000 - untuk si browser baru.

Setidaknya ada tiga feature penting yang bisa menunjukkan kemampuan suatu browser, yaitu:

* Page load; Mozilla meng-klaim bahwa Firefox 3.5 memiliki peningkatan kecepatan page load yang signifikan. Hal ini hanya bisa dibuktikan dengan mencoba Firefox 3.5 secara langsung (hands-on experience).
* Memory usage; Banyak pengguna komputer masih menggunakan PC dan notebook dengan spesifikasi minim. Saat ini hampir seluruh browser memiliki feature multi-tab yang membutuhkan resource memori besar. Mozilla kembali mengklaim bahwa Firefox 3.5 memiliki memory management yang lebih baik berkat teknologi XPCOM cycle collector yang akan "membersihkan" unused memory dan meminimalisir memory leaks.
* Security; Pengguna Firefox 3.5 kini dapat menjelajah internet dengan lebih tenang tanpa khawatir data-data pribadi dan web-browsing historynya diambil oleh pihak-pihak yang tidak berwenang. Feature seperti private browsing yang akan menghapus jejak virtual Anda, anti-malware dan anti-phising yang melindungi Anda dari malicious ware yang mencoba "masuk" kedalam sistem komputer Anda, dan juga integrasi yang lebih baik terhadap software anti-virus yang Anda gunakan.

Mozilla Firefox semakin membuktikan kemampuannya sebagai browser yang cepat, kaya akan feature, dan bisa diandalkan. Hal ini bisa dilihat dari update berkala yang diberikan Mozilla guna memperbaiki berbagai bug reports dan security holes serta kemampuan Firefox meng-handle berbagai konten internet yang semakin menuntut dukungan dari browser dengan kemampuan dan performa yang tinggi.

Tertarik? Silakan unduh Firefox 3.5 yang besarnya 7,7MB itu dari situs web Mozilla


Dikutip dari "www.kompas.com", "http://techno.okezone.com"&"www.chip.co.id"

0 komentar: