Senin, 23 Maret 2009

Windows 7 Beta

Microsoft terus melakukan penyempurnaan dalam Windows 7. Microsoft sepertinya sedang berusaha memperbaiki citra sistem operasi mereka, terlihat dari banyaknya perubahan yang dilakukan Microsoft di belakang layar Windows 7.

Dari informasi yang di berikan oleh microsoft bahwa windows 7 ini lebih mudah di oprasikan dan lebih kompetible dengan berbagai gadget. Tapi menurut banyak pengamatan banyak fitur yang tidak jauh beda dengan windows vista, windows 7 hanyalah pengembangan selanjutnya dari vista. Namun yang di sayangkan versi finalnya baru keluar akhir 2009 atau awal 2010 tentu sangatlah lama

Saat ini tersedia versi beta, Versi beta ini tersedia dalam bahasa Inggris (32-bit/64-bit), Jerman (32-bit/64-bit), Jepang (32-bit/64-bit), Arab (32-bit/64-bit) dan Hindi (32-bit). Setelah Anda mengunduh file dalam bentuk ISO, gunakan aplikasi pembakar DVD untuk membuat sebuah DVD bootable untuk menginstal Windows 7.

Versi beta ini mendukung instalasi bersih Windows 7 dan upgrade Vista SP1 ke Windows 7 dan merupakan Windows 7 edisi Ultimate. Anda akan menerima serial untuk beta beberapa saat setelah mendaftarkan email Anda. Rekomendasi minimum Microsoft untuk mengoperasikan Windows 7 adalah:
Prosesor 1 GHz 32-bit atau 64-bit prosesor
Memory 1 Gb
Hardisk 16 BG
Video Card Support DirectX9 dengan memory 128 MB untuk menjalankan fitur Aero
DVD R/W drive
Koneksi internet untuk mendapatkan update

Sebagian besar perubahan yang dikemas Windows 7 berusaha untuk meningkatkan kemudahan dan kenyamanan pengguna, dan di bawah ini adalah beberapa dari fitur-fitur baru Windows 7 yang sudah terlihat antara lain

User Interface: tampilan dari Windows 7, hampir mirip dengan Vista. Sedikit perbedaan mungkin Windows 7 tampil dengan lebih 'bersih', dengan tidak diramaikan terlalu banyak icon di halaman desktopnya. Di sebelah kanan bawah halaman desktop, Microsoft bahkan membatasi penggunaan icon menjadi lebih sedikit yakni cuma 4 icon.

Gadget: Pengguna Windows 7 dibebaskan berkreasi dengan icon gadget semisal jam, CPU meter, kalender dll, karena bisa ditempatkan di sembarang tempat didesktop. Sementara di Vista, icon gadget hanya bisa letakkan di sebelah kanan tampilan (Sidebar).

Action Center: Microsoft membuat suatu pusat kontrol baru di Windows 7 yang diberi nama Action Centre. Lewat fitur ini, user dapat melakukan modifikasi sekuriti, maintenance, penyelesaian trouble shooting hingga mengetahui masalah-masalah apa saja yang tengah terjadi didalam komputer siuser.

Themes: Windows 7 juga menyajikan pilihan themes yang lebih bervariasi. Wallpaper juga bisa diatur untuk berubah secara otomatis dalam rentang waktu yang sudah ditentukan.

Pinning: Fitur ini dibuat untuk memudahkan user mencari file yang sering mereka buka. Jadi, semacam ada jump list.

Hoffer: Fitur ini berfungsi untuk mengubah halaman yang dibuka menjadi transparan. Tombol hoffer sendiri berada disebelah kanan bawah halaman desktop.

Media Center: di Windows 7, tampilan media center disulap menjadi lebih menarik. User bisa memainkan file musik dan memutar koleksi foto/gambar secara otomatis.

Sharing Koneksi: Fitur ini juga sebelumnya telah hadir di Vista, namun Windows 7 membuatnya menjadi lebih mudah. Hanya dalam 4 langkah, user bisa sharing koneksi internet dengan user lainnya.

Jalan pintas (shortcut) pada keyboard
Alt+P: Untuk menampikan atau menyembunyikan tampilan jendela Explorer
Windows Logo+G: Menampilkan gadget di muka windows-windows lainnya
Windows Logo++ (tombol plus): Zoom in
Windows Logo+- (tombol minus): Zoom out
Windows Logo+Up: Memperbesar ukuran window
Windows Logo+Down: Memperkecil ukuran window
Windows Logo+Left: Bergerak menuju sisi kiri layar
Windows Logo+Right: Bergerak menuju sisi kanan layar
Windows Logo+Home: Meminimize/merestore window lain kecuali yang sedang ditampilkan

Kesimpulan awal, OS ini cukup menyenangkan, lebih nyaman dibanding Vista. Namanya juga Beta mungkin masih ada error atau bug disana-sini, kita tunggu aja releasenya :)

0 komentar: