Minggu, 29 Maret 2009

Internet Explorer 8

Setelah melewati masa beta selama hampir satu tahun, Microsoft akhirnya merilis Internet Explorer 8 secara resmi Browser ini dapat digunakan untuk Windows XP SP II, Windows Server 2003, Windows Vista, dan Windows Server 2008, Sementara Windows 7 beta tidak akan di-updated, walaupun Microsoft merilis update untuk IE8 for Windows 7 pada bulan Februari, update selanjutnya baru akan dilakukan setelah Windows 7 Release Candidate selanjutnya.

Internet Explorer 8 telah dirilis dalam 25 bahasa. Internet Explorer 8 diyakini dapat memberikan pengalaman browsing yang lebih cepat dan memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih baik daripada IE versi sebelumnya.

Tidak banyak perubahan pada IE 8 ini dibandingkan versi IE 7. Microsoft lebih menekankan penambahan pada sistem keamanan yang lebih baik dibandingkan versi sebelumnya. Bahkan, untuk menguji sistem keamanan browser ini, Microsoft melakukan penelitian yang dilakukan oleh NSS Lab. Hasilnya, IE 8 mampu menahan dua sampai empat kali serangan lebih banyak dibandingkan browser yang ada ini. Memang tidak bisa dihindari, bahwa keamanan merupakan salah satu hal yang sangat diperhatikan pengguna internet dalam memilih browser.

Selain menyadari pentingnya fitur keamanan, Microsoft juga peduli terhadap pengalaman surfing yang lebih cepat. Bahkan, Microsoft menyatakan bahwa IE 8 merupakan salah satu browser tercepat yang ada di pasaran saat ini. Ini merupakan bukti keseriusan mereka untuk menghadirkan browser yang mengedepankan kecepatan.
{catatan :Sebenarnya yang memegang peran penting dalam menikmati internet lancar adalah koneksinya. Apabila koneksi cepat tentu saja browser mampu bekerja maksimal. Namun apabila lambat, yang didapat bukan informasi melainkan darah tinggi he.... :)}

Fitur unggulan IE 8 antara lain :
* Diklaim cepat serta responsif untuk membuka halaman.
* Script engine lebih cepat daripada IE versi terdahulu.
* Compatibility View, untuk memperbaiki format halaman yang tidak kompatibel dengan IE8

* Memaksimalkan fungsi tab. Berbagai fitur baru untuk tab seperti group tab,
* menu klik kanan di tab, membuka kembali tab yang tertutup dsb.
* Fungsi pencarian yang lebih baik. Address bar memunculkan kembali history alamat url yang pernah diketik.
* Browsing dengan Private dimana history dan cookies tidak akan tersimpan.
* Membuka kembali semua tab dalam sesi terakhir browsing.
* Meningkatkan fungsi zoom. Fungsi Back yang lebih baik.
* Lebih banyak halaman yang bisa di back.
* Fitur Accelerators, untuk mempercepat menjalankan beberapa perintah seperti mengirim halaman dengan email dsb.
* Fitur Web slice, untuk mengetahui adanya update di email, website atau lainnya.
* Automatic crash recovery. Apabila salah satu tab crash maka tab lain masih bisa berfungsi. Dan apabila crash maka tab akan otomatis reload.
* Diklaim lebih aman dari serangan malware dan phising. Peningkatan fungsi favorites dan manajemen history

IE8 dirancang lebih mudah digunakan. Misalnya adanya built in search bar yang memungkinkan tampilan visual dari web yang dicari. Kestabilan browser juga ditingkatkan untuk memulihkan crash. Selain itu, tab yang ada diisolasi sehingga jika ada tab yang bermasalah tidak berefek pada tab yang lain.

Privasi pengguna dipandang penting dengan fitur InPrivateBrowsing dan InPrivate Filtering. InPrivate Browsing memastikan tidak ada informasi yang tertinggal dari situs yang telah dikunjungi.

Sayangnya, masih ada beberapa kekurangan pada browser dari Microsoft ini. Masih website yang dibangun agar mampu memberikan tampilan yang optimal pada IE 7 tetapi tidak berjalan dengan baik pada IE 8. Untuk mengatasi masalah ini, Microsoft mengeluarkan feature yang disebut Compatibility View. Feature ini akan bekerja secara otomatis bila Anda mengakese website yang dibangun untuk IE 7 dan langsung memberikan tampilan yang terbaik untuk IE 8.

Dengan peluncuran IE 8 versi final ini, berarti Microsoft telah ikut meramaikan perang browser yang sedang terjadi sekarang ini. Diharapkan dengan peluncuran ini konsumen akan semakin banyak pilihan dalam memilih produk browser yang terbaik sesuai dengan kebutuhan masing-masing.


Mau download IE 8 di website resminya Microsoft

(http://www.microsoft.com/windows/internet-explorer/worldwide-sites.aspx).


1 komentar:

optimalkan browser mengatakan...

it's good info...thanxs dude.