Jumat, 26 Juni 2009

Nokia N97

Nokia akhirnya benar-benar meluncurkan ponsel multimedia terbaiknya untuk menyaingi kedigdayaan iPhone 3G. Di acara Nokia World 2008 di Barcelona, Nokia akhirnya mengumumkan produk terbaru di kelas Nseries.

Nokia sepertinya ingin mengembalikan supremasi NSeries sebagai raja ponsel multimedia. Jika sebelumnya Nokia 5800 XpressMusic terasa kurang prestisius dan terbilang “standar” dari segi fitur, N97 memiliki spesifikasi yang dijamin akan membuat kita ternganga (dan mungkin ngiler juga)

Diberi nama Nokia N97, dengan fiturnya berupa keyboard QWERTY yang tersembunyi di touchscreen berukuran 3.5 inch, aspek rasio 16:9. Ponsel Nokia N97 juga dilengkapi camera 5 megapiksel di bagian belakang ponsel dengan lensa Carl Zeiss Tess dan dual LED flash. Tidak seperti iPhone atau T-Mobile G1, ponsel Nokia N97 ini dapat meng-captur video dalam kualitas DVD dengan aspek rasio 16:9.

Ponsel Nokia N97 memiliki memory on-board 32GB, dua kali lipat kapasitas memory yang ada di iPhone. Sebagai tambahan, kapasitas tersebut juga dapat ditambah lagi dengan microSD card hingga 16GB atau 48GB di Nokia N97. Nokia N97 ini juga memiliki koneksi 3G HSDPA dengan kecepatan 7.2Mb/s dan Wi-Fi, juga sebuah GPS dengan satu kompas elektronik.

Nokia mengklaim bahwa N97 dapat memutar musik selama 37 jam dan video playback selama 4.5 jam, Ovi (fitur multimedia seperti N-gage gaming platform, Nokia Maps, dan Nokia Music Store), dan So-Lo untuk merujuk pada kemampuan N97 yang bisa membuat pengguna N97 untuk memperbaharui statusnya di jejaring maya (misalnya Facebook) secara real-time.

Inilah ponsel pertama dengan memori internal 32GB (lebih besar dibanding netbook yang memakai SSD), dan juga yang pertama dengan konsep “Social location” yang memanfaatkan sensor A-GPS dan kompas elektronik. Konsep ini diklaim amat berguna untuk mengupdate informasi status Anda di jejaring sosial dengan mudah. ponsel berlayar sentuh dengan sliding ini akan dilengkapi segala sesuatu yang terbaik di kelasnya, termasuk kapasitas memori internal 32GB dan tambahan kartu memori eksternal SDHC hingga 16GB sehingga membuat total memori yang dapat dibawa oleh N97 ini menjadi 48GB! Jumlah yang bahkan tidak dapat didekati oleh iPhone 3G yang maksimal berkapasitas 16Gb.

Walaupun Nokia N97 memiliki spesifikasi yang cukup bagus, namun semuanya tidak ada apa-apanya tanpa software. System dalam Nokia N97 berjalan di Symbian S60 5th Edition dan membawa interface yang sudah dikenal, meski belum dirilis secara resmi, Nokia 5800 Express Music atau yang dulunya dikenal dengan istilah ‘Tube’. Hal terbaru dalam sisi software N97 adalah widget screen yang mempermudah customer untuk mengupdate jejaring social secara otomatis dengan status dan lokasi yang Anda inginkan, juga termasuk gambar dan video.

Satu hal yang membuat N97 amat layak dipakai sebagai pusat hiburan adalah layar sentuh 3,5 inci berformat lebar 16:9. Buat yang suka ketik-ketik, terdapat keyboard QWERTY geser (mirip ponsel berbasis Windows Mobile). Tentunya virtual touch input juga masih bisa digunakan. Untuk tombolnya, hanya menggunakan tiga baris yang memang menghemat tempat, tapi sepertinya tak ada tombol angka tersendiri. Ini bisa merepotkan atau tidak jadi masalah sama sekali. Layarnya sendiri dapat diatur sudut kemiringannya dan sekilas mirip HTC TyTN II.


Untuk baterai, N97 diklaim dapat memutar musik tanpa henti selama 1,5 hari. Kamera, sayangnya, masih 5 megapixel dengan lensa Carl Zeiss. Video dapat direkam dengan aspect ratio 16:9 dengan kualitas setara DVD.

Nokia sendiri juga memulai persaingan dengan layanan Apple MobileMe, dengan me-launching fitur baru untuk Ovi, perusahaan portal social. Customer N97 dapat menikmati layanan account email Ovi yang gratis dan dapat push-email ke calendar dan contact synchronizing, yang sebelumnya menjadi style T-Mobile G1.

Sumber :
(beritanet.com), (http://nokiaweblog.com)




0 komentar: